Lampung SelatanNewsTrending

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi Kunjungan Kerja ke Kantor SAR Lampung

257
×

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi Kunjungan Kerja ke Kantor SAR Lampung

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG SELATAN – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Ibu Santi Henri Alfiandi melakukan kunjungan kerja ke Kantor SAR Lampung, pada Kamis (11/8/2022), yang merupakan UPT terakhir dalam agenda kunjungan kerja Kabasarnas.

Kunjungan tersebut merupakan program yang direncanakan untuk pengecekan personil dan peralatan di masing-masing wilayah kerja Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Rombongan tiba di Bandara Radin Inten II Lampung pukul 14.16 WIB dengan menggunakan pesawat TNI AU CN 295 dan langsung di sambut oleh Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansyah didampingi Gubernur Lampung yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Qudrotul Ikhwan beserta Forkopimda Provinsi Lampung. Kemudian dilanjutkan acara ramah tamah di ruangan VVIP Bandara Radin Inten II Lampung.

Rombongan lalu melanjutkan perjalanan menuju Kantor SAR Lampung untuk memberikan pengarahan dan sesi tanya jawab kepada seluruh pegawai. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan Peralatan SAR.

Setibanya di Kantor SAR Lampung, Kabasarnas beserta rombongan disambut dengan Tarian Sigeh Penguten (Tarian Selamat Datang) Khas Lampung.

Dalam sesi tanya jawab dengan para personil Kantor Sar Lampung, terdapat beberapa usulan diantaranya:

  1. Penambahan peralatan SAR untuk mendukung pelaksanaan Operasi SAR di Perairan
  2. Peningkatan Kompetensi Sumber daya  Personil kantor sar Lampung melalui Pelatihan  pencarian di bawah permukaan air (Selam)
  3. Bentuk reward dari Basarnas kepada pegawai yang memilik prestasi di luar tugas dan fungsi Basarnas seperti salah satu pegawai Kantor SAR Lampung yang berprestasi di cabang paramotor.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan pimpinan Basarnas ke kantor SAR di wilayah Sumatra.

“Wilayah Lampung ini merupakan salah satu wilayah yang menjadi perhatian kami, karena memiliki garis pantai yang sangat luas dan panjang, sebelah timur berhadapan dengan Selat Sunda dan Laut Jawa, di bagian barat berhadapan dengan Samudera Hindia,” ujar Marsekal Madya Henri Alfiandi.

Terkait potensi ancaman Gunung Anak Krakatau Henry melanjutkan, kecepatan (Response Time) menjadi tolak ukur pemberian pelayanan kepada masyarakat. “Basarnas akan mengadakan kapal cepat yang bisa memecah ombak sehingga bisa memberikan pertolongan secara cepat,” imbuh Kabasarnas Henri.

“Mudah mudahan pemerintah akan memberikan perhatian khusus kepada Basarnas supaya kita bisa mengadakan sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan apabila dalam keadaan darurat,” demikian kata Kabasarnas.

Turut mendampingi Kabasarnas diantaranya, Deputi Bid. Ops dan Kesiapsiagaan Laksmana Muda TNI Eko Ribut beserta istri, Deputi Bid. Sarpras dan Siskom Marsekal Muda TNI F. Indra jaya beserta istri, Deputi Bid. Binga dan Potensi Barokna Haulah beserta istri, Dir. Bina Tenaga Marsekal Pertama M. Somin beserta istri, serta jajaran pengurus DWP Kantor Pusat Basarnas.

Setelah melakukan tatap muka dengan para pegawai Kantor SAR Lampung rombongan Kabasarnas kembali ke Jakarta menuju Bandara Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat TNI AU CN 295. (NdH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *