BeritaMetroPemkot MetroTrending

Pemkot Metro Borong Dua Penghargaan Sekaligus dari Kemenhub RI

85
×

Pemkot Metro Borong Dua Penghargaan Sekaligus dari Kemenhub RI

Sebarkan artikel ini

Metro, djurnalis com – Pemerintah Kota Metro terima satu penghargaan tingkat Nasional dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan satu penghargaan tingkat daerah Provinsi Lampung.

Hasil investigasi di lapangan. kedua penghargaan dimaksud yaitu penghargaan dari Kemenhub RI tentang keselamatan di jalan raya dan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Lampung tentang Penilaian Tertinggi pada Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) Barang dan Jasa Tahun 2023.

Penerimaan penghargaan dari Kemenhub RI diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo, pada Malam Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2023 di The Dome Spark Senayan Jakarta, Sabtu, 18 November 2023. Terdapat 5 daerah tingkat Kota/Kabupaten di Indonesia yang menerima penghargaan serupa, yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Tulung Agung, Kabupaten Jember, Kota Bandung dan Kota Metro.

Sementara penghargaan dari Pemprov Lampung diterima oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Metro, Yerri Ehwan di Hotel Horison Bandar Lampung oleh Sekda Provinsi Lampung mewakili Gubernur Lampung. Dari total Penilaian Tertinggi pada ITKP Barang dan Jasa Tahun 2023, Provinsi Lampung sebanyak 71,78 persen, Kota Metro tertinggi persentasenya 79,69 persen. Disusul Kabupaten Lampung Tengah 78,97 persen, Kabupaten Mesuji 71,62 persen, Lampung Barat 70,76 persen, Pringsewu 69,62 persen, Tulang Bawang 67, 14, Bandar Lampung 65,73, Way Kanan 59,04, Lampung Timur 55,45 persen, Tulang Bawang Barat 53,62, Lampung Selatan 47.74, Tanggamus 33,20, Pesisir Barat 32,99 persen dan Kabupaten Lampung Utara 24,04 persen.

“Hal ini Kita patut berbangga atas segala capaian yang telah diraih. Pun tentunya tetap lakukan evaluasi, jangan berpuas diri dan selalu berupay lakukan yang terbaik untuk Kota Metro,” kata Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin, Senin (20/11/2023).

Penyerahan penghargaan dan apresiasi oleh Menteri Perhubungan diwakili oleh Dirjen Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, yang diberikan kepada Pemerintah Kota/Kabupaten yang berperan aktif dalam mendukung Gerakan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) dalam rangka mewujudkan budaya keselamatan jalan.

“Dalam pelaksanaan rangkaian PNKJ 2023, telah dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain Kick Off PNKJ, Panggung Kreasi PNKJ berupa sosialisasi dan edukasi keselamatan kepada anak usia dini, pelajar SMP dan SMA, komunitas dan masyarakat,” ungkap Hendro Sugianto.

Untuk penilaiannya, ITKP Barang dan Jasa diukur dari 3 indikator utama, yaitu pemanfaatan sistem pengadaan, kualifikasi dan kompetensi SDM PBJ dan tingkat kematangan UKPBJ. Penilaian ITKP ini mengacu pada ketentuan SE Kepala LKPP No 2 Tahun 2021 tentang Penjelasan Indeks Tata Kelola Pengadaan Minimal Baik Sebagai Aspek Indikator Antara Dalam Indeks Reformasi Birokrasi. (krs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *