BeritaEkonomiMetroNewsPemkot Metro

Pemkot Metro Tinjau Stok Bahan Pangan Jelang Nataru

111
×

Pemkot Metro Tinjau Stok Bahan Pangan Jelang Nataru

Sebarkan artikel ini

Metro, (djurnalis.com) – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Forkopimda dan Tim Gabungan Pemerintah Kota Metro meninjau keberadaan stok Sembako untuk memastikan kestabilan harga, termasuk bahan pangan pokok strategis seperti Sembilan bahan pokok lainnya.

Monitoring harga Sembako tersebut dilakukan di empat titik Agen dan gudang bahan pangan pokok strategis. Keempat lokasi tersebut diantaranya Agen Cabai Haji Maksum di hamparan pasar Cendrawasih, Kecamatan Metro Pusat.

Gudang beras Anwar Bumi Jaya Sejati, Jalan WR Supratman, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Metro Utara, lalu di Agen telur Cik Lina di Jalan Sawi, Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, terakhir tim gabungan melakukan monitoring ke gudang Sembako milik UD Bawang Lanang di Jalan Raya Stadion, Kelurahan Tejoagung, Kecamatan Metro Timur, kota Metro.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo mengatakan bahwa hasil monitoring yang dilakukan Tim gabungan hari ini, Dirinya memastikan ketersediaan stok barang dan harga masih stabil dan aman.

“Hasil monitoring ketersediaan bahan pangan pokok strategis di Kota Metro sejauh ini aman, termasuk stok menjelang Nataru juga aman. Tadi disampaikan oleh pengusaha siap membantu ketersediaan bahan pokok makanan,” katanya usai moninjau bahan pangan di Metro, Selasa (19/13/2023).

Berdasarkan hasil pemantauan tersebut, harga sejumlah bahan pokok di tingkat Agen dan produsen cenderung menurun. Penurunan signifikan terjadi pada cabai merah yang sebelumnya Rp 70 Ribu perkilogram kini menjadi Rp 55 Ribu perkilogram.

“Harganya mulai turun, telur Rp 26 Ribu per kilogram, cabai merah Rp 55 ribu per kilogram, bawang merah Rp 24 ribu perkilogram, bawang putih kating Rp 34 ribu perkilogram, dan bawang putih onda Rp 29 ribu perkilogram,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, dari hasil monitoring untuk ketersediaan beras juga diklaim aman. Terlebih Bulog Sub Divre Lampung Tengah (Lamteng) juga masih menyiapkan stok beras cadangan.

Pihaknya juga bakal menanggulangi kenaikan harga bahan pangan pokok, Pemkot melalui dinas terkait akan menggelar Operasi Pasar maupun Penetrasi Pasar.

“Beras aman di gudang Bulog juga masih ada cadangan. Operasi pasar akan terus Kita lakukan. Kalau untuk kenaikan beras ada Bulog yang nanti kita datangkan untuk memenetrasi harga Pasar,” paparnya.

Untuk itu Ia mengimbau Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan stok bahan pangan pokok. Masyarakat juga diimbau untuk berbelanja secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir. Tidak perlu berlebihan berbelanja, dan tidak usah berlebihan menampung bahan pangan di rumah, biasa-biasa saja,” pungkasnya. (Krs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *