Bandar LampungNewsPemkot Bandarlampung

12 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung Selama Libur Nataru 

33
×

12 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung Selama Libur Nataru 

Sebarkan artikel ini
12 Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung Selama Libur Nataru 

BANDAR LAMPUNG, Djurnalis.com -– Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Bandar Lampung mencatat 12 insiden kebakaran terjadi di Bandar Lampung selama libur Nataru 2023/2024.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bandar Lampung Anthoni Irawan mengatakan jumlah kebakaran itu terakumulasi dalam kurun 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

“Pokok yang terbakar mencakup beberapa hal. Seperti lahan, rumah dan kendaraan,” kata Anthoni, Rabu (3/1/2024).

Menurutnya, hasil penyelidikan sumber api dominan karena korsleting listrik dan api rokok.

Untuk itu, Anthoni meminta agar masyarakat lebih hati-hati, khususnya dalam hal kelistrikan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

“Termasuk juga tidak membakar sampah sembarangan,” ungkapnya.

Sementara, untuk kesiapan petugas, Dinas Damkar Bandar Lampung telah menyiapkan sejumlah mobil pemadam dan personel yang siaga 1×24 jam, tersebar di 14 kecamatan di Bandar Lampung.

Selain itu, pihaknya juga melakukan 18 evakuasi penyelamatan. Tindakan itu terdiri dari evakuasi enam sarang tawon, dua biawak, evakuasi satu cincin, lima ular, satu anjing, seekor kucing, seekor kukang, dan seekor musang.

“Apabila, menemukan hewan berbahaya atau berbisa di sekitar tempat tinggal agar tidak mengambil tindakan sendiri. Segera hubungi pamong atau Dinas Damkarmat ke nomor (0721) 252-741,” pungkasnya. (rn)