NewsPemprov

Gubernur Arinal Djunaidi Resmikan Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktek Siswa Kuliner SMK Negeri 4 Bandar Lampung

53
×

Gubernur Arinal Djunaidi Resmikan Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktek Siswa Kuliner SMK Negeri 4 Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini
Gubernur Arinal Djunaidi Resmikan Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktek Siswa Kuliner SMK Negeri 4 Bandar Lampung

Bandar Lampung — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktek Siswa (RPS) Kuliner SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Kamis (15/02/2024).

Pada kesempatan tersebut Gubernur menyampaikan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) disamping memiliki tujuan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil juga harus memiliki lingkungan yang menunjang pembangunan  dibidang keagamaan.

Melalui keberadaan Masjid dilingkungan SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Gubernur berharap hal ini dapat mendukung warga sekolah untuk melakukan ibadah dan kegiatanan keagamaan lainnya.

“Keberadaan masjid ini bisa bermanfaat sebagai laboratorium untuk pembinaan dan pendidikan agama. Saya harap supaya jangan hanya siswa sholat zhuhur, keluar, tetapi ada materi yang memang bisa disampaikan kepada siswa,” harapnya.

“Kita harus mampu untuk menjadikan sumber daya manusia yang punya daya saing. Selain itu juga, punya nilai budaya yang religius,” lanjutnya.

Gubernur melanjutkan bahwa sekolah harus menyiapkan lembaga pendidikan yang representatif, pendidikan tentang ilmu pengetahuan, disertai pendidikan tentang agama.

“Karena kalau orang sudah menjadi orang yang pintar, pandai, tanpa didukung oleh agama yang baik pada dirinya juga akan kadang-kadang lepas kontrol,” lanjutnya.

Gubernur juga menyebutkan bahwa saat ini 16 dari 111 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Provinsi Lampung sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dan salah satunya adalah SMKN 4 Bandar Lampung.

“Sekolah kejuruan ini diharapkan berbasis kompetensi yang diharapkan selaras dengan kebutuhan industri link and match, dijelaskan bahwa program keahlian ini harus disesuaikan dengan kebutuhan industri,” lanjut Gubernur.

Diakhir, Gubernur juga menyampaikan apresiasinya kepada para guru, tenaga pendidik, dan pengawas yang telah  berprestasi selama tahun 2023.

“Saya ingin memberikan satu penghargaan, apresiasi kepada para guru, agar lebih bersemangat berjuang untuk setiap tahun. Para guru yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik diberikan penghargaan,” pungkas Gubernur.

Peresmian Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktek Siswa (RPS) Kuliner SMK Negeri 4 Bandar Lampung ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Gubernur Lampung didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung, serta Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Lampung.

Selain melakukan peresmian Masjid Ar-Rahman dan Ruang Praktek Siswa (RPS) Kuliner SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Gubernur juga memberikan Penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan pengawas berprestasi tahun 2023 serta melakukan penyerahan SK BLUD SMK Provinsi Lampung. (*)