NewsPemprov

Jelang Penyelenggaraan PON XXI Sumut – Aceh, Gubernur Arinal Djunaidi Gelar Rakor Bersama Pengurus Cabor KONI Provinsi Lampung

37
×

Jelang Penyelenggaraan PON XXI Sumut – Aceh, Gubernur Arinal Djunaidi Gelar Rakor Bersama Pengurus Cabor KONI Provinsi Lampung

Sebarkan artikel ini
Jelang Penyelenggaraan PON XXI Sumut – Aceh, Gubernur Arinal Djunaidi Gelar Rakor Bersama Pengurus Cabor KONI Provinsi Lampung

BANDARLAMPUNG—Pemerintah Provinsi Lampung menggelar rapat Koordinasi bersama Cabang Olahraga (Cabor) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung dalam rangka kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh – Sumatera Utara Tahun 2024 di Mahan Agung, Rabu (28/02/2024).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang juga selaku Ketua Koni Lampung berpesan agar 54 cabang olahraga yang akan bertanding pada PON XXI Sumut-Aceh untuk memaksimalkan waktu persiapan agar mendapatkan performance terbaik pada saat pertandingan.

“Saya ingin tanamkan semangat juang seperti pejuang terdahulu saat merebut kemerdekaan, meskipun tanpa fasilitas yang memadai tapi dapat merebut kemerdekaan, Semangat itu yang ingin saya tanamkan,” tegas Gubernur. 

Gubernur juga berpesan kepada para Pengurus Provinsi Cabor yang lolos PON, untuk tidak mengurangi hak-hak bagi atlet dan pelatih yang berjuang bagi Provinsi Lampung. Selain itu, juga perlu adanya kreatifitas dari ketua umum cabor selama pelatprov, agar target yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

“Saya minta agar dukungan anggaran dan sarana prasarana bagi Cabor lolos pon untuk dapat digunakan secara efektif dan efisien,” katanya.

“PON Papua kita 10 besar, padahal Koni kita sedang dalam posisi kurang baik, sekarang kita sedang tidak ada masalah, harapannya dapat menghasilkan prestasi lebih baik lagi,” ungkap Gubernur.

“Tidak penting juara, masih ada tahun berikutnya, tapi saya minta yang terbaik, Buatlah rakyat Lampung dan Pemerintah senang dan bangga,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Harian KONI Provinsi Lampung Brigjen TNI (Purn) Amalsyah Tarmizi dalam laporannya menyampaikan PON XXI akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus hingga 20 September 2024, dan dari 67 Cabor yang dipertandingkan di PON XXI, Provinsi Lampung mengikuti kualifikasi 63 Cabor, dan lolos 54 Cabor.

Menurut Amalsyah kontingen PON Provinsi tahun ini adalah yang terbesar dari yang telah diberangkatkan pada tahun-tahun sebelumnya, yakni sejumlah 367 Atlet, 128 Pelatih, dan 54 manager.

Adapun target perolehan medali pada PON XXI tahun ini sesuai hasil tim monitorirg dan evaluasi dengan Cabor, menurut Amalsyah sebanyak 30 medali emas, 29 medali perak, dan 26 medali perunggu. (*)