BeritaDaerahLampungMetroNews

Kota Metro Menuju Inplementasi Satu Data Indonesia.

128
×

Kota Metro Menuju Inplementasi Satu Data Indonesia.

Sebarkan artikel ini

Metro, djurnalis.com- Workshop Pengisian Rekomendasi Statistik dan Metadata Kota Metro merupakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas data, baik dalam perencanaan, pengumpulan, penyajian dan publikasinya dengan tujuan untuk mempercepat implementasi Satu Data Indonesia di Kota Metro.

Hal tersebut yang disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Metro, Yeri Ehwan, saat membuka kegiatan Workshop Pengisian Rekomendasi Statistik dan Metadata Kota Metro Tahun 2024, di Lec Kartikatama Kota Metro, Selasa (27/02/2024).

Seperti diketahui, Satu Data Indonesia tingkat Kota Metro memiliki peran penting dalam mendukung berbagai aspek pembangunan di kota berjuluk Bumi Say Wawai, guna melalui penyediaan data sektoral, termasuk data statistik dan data geospasial. Sehingga membutuhkan sinergi antara berbagai instansi, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Metro dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro menyelenggarakan Workshop Pengisian Rekomendasi Statistik dan Metadata untuk mempercepat implementasi Satu Data Indonesia di Kota Metro.

Mewakili Walikota Metro, Asisten II Yeri Ehwan menyampaikan apresiasi atas digelarnya kegiatan ini, dengan harapan dapat menjadi wadah koordinasi produsen data di OPD dalam pelaksanaan Satu Data Indonesia di Kota Metro.

“Nantinya, dengan melalui portal data.metrokota.go.id. diharapkan data yang tersaji adalah data yang telah melalui tahapan validasi, agar diperoleh data yang seakurat mungkin dan dapat dibagipakaikan oleh berbagai stakeholder terkait” ujarnya.

“Saya juga berharap seluruh peserta dapat mengikuti workshop ini dengan sebaik-baiknya, dengan menyimak berbagai materi yang disampaikan oleh Narasumber, sehingga dapat membangun sistem dan tata kelola data yang lebih baik, serta mencapai target pembangunan yang optimal” katanya lagi.

Menurut laporan dari Kabid Komunikasi, Informasi dan Statistik Dinas Kominfo Kota Metro, Achmad Ansori, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk Mendukung tercapainya penyelenggaraan statistik sektoral Kota Metro yang andal, efektif, dan efisien, Mendukung implementasi prinsip Satu Data Indonesia tingkat Kota Metro yaitu standar data, metadata, interoperabilitas dan data induk/ kode referensi, dan meningkatkan pemahaman bagi seluruh produsen data tentang tata cara pengisian Metadata dan Rekomendasi Statistik.

Lebih lanjut, Achmad Ansori menyampaikan bahwa peserta dari workshop ini merupakan Kepala Subbagian Perencanaan atau Pejabat Fungsional yang menangani data statistik atau yang mewakili dari masing-masing OPD selaku produsen data dengan jumlah peserta 41 orang.

“Saya berharap kepada Peserta dapat mengikuti workshop ini dengan sungguh-sungguh, ikuti setiap tahapannya agar memperoleh hasil yang maksimal untuk mewujudkan Satu Data Indonesia di lingkungan Pemerintah Kota Metro” ucapnya. (Krs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *