NewsPemprov

Pemerintah Provinsi Lampung Raih penghargaan Kategori Khusus Kerjasama Penilaian Pada Anugerah Raksa Bandha

51
×

Pemerintah Provinsi Lampung Raih penghargaan Kategori Khusus Kerjasama Penilaian Pada Anugerah Raksa Bandha

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Provinsi Lampung Raih penghargaan Kategori Khusus Kerjasama Penilaian Pada Anugerah Raksa Bandha

Bandar Lampung — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Pemerintah Provinsi Lampung menerima penghargaan Kategori Khusus Kerjasama Penilaian pada Anugerah Raksa Bandha yang digelar oleh Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu.

Penghargaan diserahkan pada  acara pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (ZI menuju WBK dan WBBM) pada Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, di Gedung Saburai BPMP Provinsi Lampung, Kamis (22/02/2024). 

Kepala Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu Dudung Rudi Hendratna dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pengelolaan keuangan negara termasuk didalamnya juga terkait pengelolaan kekayaan negara. 

Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu terus berusaha untuk menghadirkan tata kelola aset yang dilakukan secara akuntabel dan profesional. Kementerian Keuangan senantiasa berupaya agar pengelolaan aset negara semakin andal dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. 

Sepanjang tahun 2023 telah banyak milestone yang di raih bersama, diantaranya kontribusi yang dihasilkan dalam bentuk PNBP dari Aset, Piutang Negara dan Lelang yang mencapai Rp28,28M tercapai 130,81% dari target dan tumbuh 23,91% (year on year). Realisasi pokok lelang pada tahun 2023 mencapai Rp412,5M tercapai 98,12% dari target atau tumbuh 14,44% (year on year). 

“Hal ini tentu merupakan buah hasil kerja keras kita semua baik pada Satuan Kerja, Pemerintah Daerah, Perbankan, Pegadaian, Balai Lelang, Pejabat Lelang kelas II maupun UMKM mitra,” ujar Kakanwil DJKN Lampung.

Selain itu, pada lingkup wilayah provinsi Lampung dan Bengkulu juga telah berhasil melakukan sertifikasi sebanyak 857 bidang. Hal ini merupakan capaian yang sangat luar biasa. Hal ini tak lepas dari kerja keras dan sinergi dari seluruh stakeholder. 

“Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholder yang telah terlibat dalam pengelolaan Piutang Negara dan Penilaian selama ini baik kepada seluruh satuan kerja maupun pemerintah daerah,” ujar Kakanwil DJKN Lampung. 

Sebagai wujud apresiasi DJKN Lampung, pada hari ini dilaksanakan kegiatan Anugerah Raksa Bandha, yang di tujukan kepada Stakeholder berprestasi dalam peningkatan kinerja pengelolaan BMN, pengelolaan Piutang Negara dan Penilaian serta berkontribusi dalam pelaksanaan Lelang. 

Pada Anugerah Reksa Bandha tahun 2023 ini, Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu akan memberikan penghargaan pada beberapa Bidang dan Kategori sebagai berikut : 

1. Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara
     a. Kategori Utilisasi BMN
     b. Kategori Sertifikasi BMN
     c. Kategori Pelaporan BMN
     d. Kategori PNBP
     e. Kategori Best Perfomance Stakeholder 

2. Bidang Lelang
    a. Kategori Lelang Eksekusi
    b. Kategori Lelang Non Eksekusi
    c. Kategori Lelang Sukarela 

3. Bidang Piutang Negara
    a. Kategori Penyerah Piutang dengan  Pelunasan Terbanyak 

4. Bidang Penilaian
    a. Kategori Penilaian BMN
    b. Kategori Penilaian BMD
    c. Kategori Khusus 

“Kami berharap bahwa penghargaan yang diraih oleh para pemenang agar dimaknai bukan sekedar sebagai plakat, namun sebagai sebuah upaya membangun kultur atau budaya untuk selalu menjaga serta mengelola aset negara sebagai bagian dari pertanggung jawaban publik,” ujar Kakanwil DJKN Lampung.

DJKN Lampung membuka ruang seluas-luasnya untuk sinergi dan kolaborasi dalam pelaksanaan berbagai tugas dan fungsi di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. 

Pada Tahun 2024 ini Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu akan mengikuti program pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Sebelumnya pada bulan Maret tahun 2023 DJKN Lampung telah melakukan pencanangan ZI WBBM. 

“Pada kesempatan hari ini, izinkan kami untuk memperbaharui tekad kami yang tentunya dengan dukungan Bapak Ibu sekalian, semoga Kantor Wilayah DJKN Lampung dan Bengkulu tahun ini dapat meraih predikat ZI WBBM,” pungkas Kakanwil DJKN Lampung. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).