Bandar LampungNewsPemkot Bandarlampung

Pemkot Bandar Lampung Siapkan Beasiswa untuk Calon Siswa SMA/SMK

95
×

Pemkot Bandar Lampung Siapkan Beasiswa untuk Calon Siswa SMA/SMK

Sebarkan artikel ini
Pemkot Bandar Lampung Siapkan Beasiswa untuk Calon Siswa SMA/SMK

BANDAR LAMPUNG, Djurnalis.com -– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyiapkan beasiswa untuk 5 ribu siswa SMP yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK di Bandar Lampung, Selasa (12/12/2023).

Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan bahwa pihaknya sudah berkolaborasi dan meminta bantuan kepada camat dan lurah di Bandar Lampung untuk mendata calon siswa penerima beasiswa.

“Datanya sudah banyak tetapi ini khusus yang ingin masuk ke SMA, bukan yang sudah di tengah perjalanan, yang penting syaratnya domisi Bandar Lampung,” kata Bunda Eva, sapaan akrabnya di Bandar Lampung.

Menurutnya, program ini sebagai respon Pemkot Bandar Lampung mewujudkan hak masyarakat untuk memperoleh pendidikan. Melalui beasiswa ini diharapkan tidak ada pelajar yang harus putus sekolah karena tidak ada biaya.

Lebih lanjut, Eva menceritakan bahwa dirinya pernah mendapat pesan WhatsApp dari wali murid di salah satu sekolah yang mengeluhkan rapor anaknya ditahan akibat tidak mampu membayar biaya sekolah. “Tapi alhamdulillah meskipun tidak banyak, sudah kami bantu dan rapornya sudah diterima,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, Eva meminta dinas pendidikan bersama dengan PGRI dan MKKS untuk dapat saling berkomunikasi dan tanggap dalam merespon jika menemukan wali murid ataupun siswa yang terkendala masalah biaya.

“Kalau kita bisa tanggap, Insya Allah anak-anak kita yang tidak mampu bisa kita bantu. Komunikasi ini penting, kasihan kalau anak-anak sampai tidak bisa melanjutkan sekolah,” tutur dia.

Untuk itu, kepada para guru yang ada di seluruh satuan pendidikan, Eva meminta jika terdapat peserta didiknya yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk segera dicatat untuk direkomendasikan menjadi penerima beasiswa.

Ia juga mengimbau kepada penyelenggara sekolah, untuk ikut membantu dan tidak mempersulit jika terdapat siswa yang belum mampu membayar biaya pendidikan. Terlebih saat pembagian rapor tiba.

“Ini Walikota Bandar Lampung yang mohon. Jadi kalau wali kota yang mohon tidak ada lagi yang namanya wali murid WA sama Bunda Eva,” pungkasnya. (*)