BeritaLampungMetroNews

Pemkot Metro Gelar Penetrasi Pasar Untuk Menekan Inflasi Agar Harga Sembako Stabil

86
×

Pemkot Metro Gelar Penetrasi Pasar Untuk Menekan Inflasi Agar Harga Sembako Stabil

Sebarkan artikel ini

Metro, djurnalis- Guna menjamin ketersediaan Sembako dan kestabilan harga bahan pangan pokok, Pemerintah Kota Metro melalui Bagian Perekonomian kembali melakukan penetrasi pasar sekaligus menggandeng Bulog sebagai Mitra di Lapangan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur pada Selasa (27/02/2024).

Wali Kota Metro, mengatakan bahwa kegiatan penetrasi tentu untuk mengurangi inflasi, terutama ditingkat Supplayer. Pemerintah meminta agar Mitra memiliki kemampuan 4K (ketersediaannya, keterjangkauan harga, kemampuan melakukan transportasinya dan kerja sama antar daerahnya).

“Saat ini, Kota Metro bisa memasok beras luar daerah, tetapi dengan administrasi pricenya sudah di tentukan oleh pusat, maka beras kita subsisdi dengan harga Rp. 51.000 untuk 5 kg dan 10 kg beras seharga Rp. 102.000. Untuk yang beras medium sekarang sudah Rp.15.000 yang premium Rp 17.000 sampai dengan Rp. 18.000.Alhamdulillah artinya kita mampu untuk melakukan penetrasi” Kata Wahdi.

Wahdi juga berpesan kepada Masyarakat berperan menjaga ketahanan pangan dengan menanam cabai, yang sebelumnya Pemerintah Kota Metro telah melakukan pemberian kurang lebih 55.000 bibit cabai. Dengan harapan membuat kemandirian Masyarakat.

Beliau juga memaparkan bahwa beras merupakan komoditas yang berdampak langsung dengan fenomena cuaca panas, dampak badai El Nino termasuk banyaknya permintaan dari luar Lampung.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Metro Yerri Ehwan, mengatakan bahwa penitrasi pasar, telah bekerjasama dengan Bulog menjual beras Rp. 10.200/kg yang dipasaran seharga Rp. 15.000.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi Warga Kita, terutama yang berpenghasilan rendah supaya mendapatkan sembako dengan harga yang relatif terjangkau” ungkapnya.

Yulia Candra Sari selaku Kepala Bagian Perekonomian, mengatakan bahwa acara ini sebagai agenda rutin Pemerintah kota Metro. Ditambah lagi dengan situasional beberapa komoditas harga lagi naik, salah satu di antaranya beras dan cabai yang memang harganya sedang meroket.

“Kita melaksanakan penetrasi pasar selama dua hari, mulai tanggal 27 sampai dengan 28 Februari 2024, telah bekerja sama dengan Bulog dan Agen-Agen atau Distributor. Mudah mudahan dengan adanya penetrasi pasar ini bisa membantu sedikit Masyarakat untuk mendapatkam harga komoditas pangan pokok di bawah harga pasar,” katanya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Perekonomian Kota Metro mengatakan bahwa Bulog telah menyediakan beras 5 ton untuk 2 hari. Kemudian beberapa komoditas yang dijual pada penetrasi pasar kali ini, salah satunya yaitu Beras Bulog SPHP dengan harga Rp.10.200/kg atau Rp 51.000 per 5 kg, kemudian bawang merah Rp 20.000/kg, bawang putih Rp 40.000/kg, cabe rawit Rp 40.000/kg, telur ayam ras Rp 25.000/kg, gula Rp 15.000/kg, susu Rp 14.000/kaleng, minyak Rp 14.000/ botol. (Krs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *