NewsPemprov

Provinsi Lampung Raih Penghargaan Terbaik Kedua Nasional Sebagai Provinsi Pelaksana Pengawasan Keamanan Pangan Segar

45
×

Provinsi Lampung Raih Penghargaan Terbaik Kedua Nasional Sebagai Provinsi Pelaksana Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Sebarkan artikel ini
Provinsi Lampung Raih Penghargaan Terbaik Kedua Nasional Sebagai Provinsi Pelaksana Pengawasan Keamanan Pangan Segar

Bandung–-Pemerintah Provinsi Lampung kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan meraih  Penghargaan sebagai Provinsi Pelaksana Pengawasan Keamanan Pangan Segar Terbaik Kedua Tingkat Nasional dari Badan Pangan Nasional RI. Penghargaan ini diterima dalam acara Malam Apresiasi 2024 yang diselenggarakan di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat pada Kamis (15/2/2024).

Provinsi Jawa Tengah meraih peringkat pertama, Provinsi Lampung berada di peringkat kedua, sedangkan DKI Jakarta menempati posisi ketiga. Penghargaan diserahkan langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung yang diwakili oleh Vieke Sandranita, Kepala UPTD Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan (BPMKP) Provinsi Lampung.

Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) dalam menjalankan pengawasan keamanan pangan segar di wilayah Lampung. 

OKKPD memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap Produk Segar Asal  Tanaman (PSAT) sebelum diedarkan dan saat berada di pasaran, serta memberikan sertifikat atau jaminan keamanan sesuai persyaratan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan hasil pertanian.

Selama tahun 2023, OKKPD Provinsi Lampung telah menerbitkan 245 sertifikat keamanan pangan, yang terdiri dari Sertifikat Penerapan Penanganan yang Baik (SPPB PSAT);  Izin Edar Produk Dalam Negeri (PSAT PD); Izin Rumah Pengemasan (Packing House); Health Certificate (HC); dan Sertifikat Prima 3.

Selain itu, OKKPD juga telah memfasilitasi registrasi pangan segar usaha mikro dan kecil (PSAT PDUK) sebanyak 321 registrasi di tingkat Kabupaten/Kota.

Pada bulan November 2023, OKKPD Provinsi Lampung juga telah mendapatkan dua apresiasi dari Badan Pangan Nasional, yaitu  Mobil Laboratorium Keliling dan  Sertifikat Sistem Manajemen Pengawasan Pangan Segar Katagori A (Sangat Baik).

Penghargaan-penghargaan ini menjadi bukti komitmen dan kerja keras OKKPD Provinsi Lampung dalam memastikan keamanan pangan segar di wilayah Lampung. 

Provinsi Lampung melalui Dinas ketahanan pangan tanaman pangan dan hortikultura  sebagai pelaksana kegiatan pengawasan keamanan pangan  terbaik dengan Realisasi anggaran 97,86% dari target,  pengambilan sampel 64 sampel atau 145% dari target 44 sampel dan output registrasi 245 registrasi atau 245% dari target 100 registrasi.

OKKPD  terus berupaya  meningkatkan kinerja dan mempertahankan prestasi yang telah diraih, sehingga masyarakat Lampung dapat mengonsumsi pangan segar yang aman dan berkualitas. (*)