NewsPemprov

Pemerintah Provinsi Lampung Segera Realisasikan Pembangunan Perbaikan Ruas Jalan di Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran

34
×

Pemerintah Provinsi Lampung Segera Realisasikan Pembangunan Perbaikan Ruas Jalan di Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Provinsi Lampung Segera Realisasikan Pembangunan Perbaikan Ruas Jalan di Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran

Tanggamus — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung melakukan peninjauan beberapa ruas jalan Provinsi yang akan dibangun di Kabupaten Tanggamus, Kamis (29/2/2024).

Kunjungan Tim peninjauan Ruas Jalan Kabupaten Tanggamus yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung M. Taufiqulloh didampingi Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan beserta jajarannya ini bertujuan untuk memastikan kondisi lokasi pelaksanaan pembangunan ruas  jalan Provinsi yang direncanakan pelaksanaannya pada tahun 2024.

“Nah terkait dengan jalan, hari ini kita survey untuk kegiatan kita di tahun 2024, jadi sebelum kita melaksanakan lelang kita pastikan posisi-posisinya yang dibangun dimana dulu,” ungkap M. Taufiqulloh.

Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung juga mengatakan bahwa pada tahun 2024 ini Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas BMBK Provinsi Lampung akan segera merealisasikan pembangunan perbaikan ruas jalan di Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pesawaran.

Ruas Jalan Kabupaten Tanggamus yang akan diperbaiki adalah ruas jalan Teluk Kiluan-Simpang Umbar, Simpang Umbar-Putih Doh dan ruas Pardasuka-Sukamara. Lebih lanjut M. Taufiqulloh menyampaikan bahwa selain ruas jalan tersebut, akan dilakukan juga perbaikan ruas jalan Putih Doh-Kuripan dan Kuripan-Simpang Kota Agung.

Beberapa ruas jalan yang diprioritaskan dibangun di Kabupaten Tanggamus merupakan ruas jalan yang memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik dari sektor produksi pertanian, perkebunan maupun pariwisata.

“Jadi semua daerah yang meningkatkan ekonomi, pusat-pusat pertumbuhan ekonomi itu yang akan kita prioritaskan untuk dibangun,” ucap M. Taufiqulloh.

M.Taufiqulloh menegaskan bahwa kata kuncinya adalah konektivitas dan tentunya terkait dengan konektivitas ini ada jalan nasional, jalan provinsi dan jalan daerah. Selain konektivitas ada sinergisitas antar pemerintah, bagaimana pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten bersama-sama membangun. 

“Karena kiluan ini bukan cuma milik kabupaten tanggamus tapi sudah milik provinsi dan milik nasional, tentunya kita bersama-sama dalam rangka penguatan konektivitas tadi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan perbaikan jalan di Kabupaten Tanggamus.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, Bapak Presiden Jokowi yang tiada lelah-lelahnya dan henti-hentinya mendukung pembangunan di Lampung, juga kepada Gubernur Lampung Bapak DR. Ir. Arinal Djunaidi terimakasih dukungannya bagi Pemkab Tanggamus,” ungkap Mulyadi Irsan.

Mulyadi Irsan mengatakan bahwa pembangunan ruas jalan ini untuk memberi penguatan terhadap konektivitas di Tanggamus, baik yang terhubung dengan Provinsi maupun Nasional, karena menuju dan dari Tanggamus ini terhubung salah satunya melalui jalur ruas jalan lintas barat. 

“Kita ingin nanti lintas barat ini terhubung dengan sistem jaringan jalan Provinsi dan Kabupaten bahkan sampai ke pusat-pusat produksi,” ucapnya.

Mulyadi Irsan berharap pusat-pusat produksi yang ada di Tanggamus itu bisa terhubung ke pasar dan terkait dengan Pariwisata beliau sangat yakin bahwa Kabupaten Tanggamus adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di Provinsi Lampung dan juga Nasional, 

“Jadi nanti pembangunan ruas jalan ini bisa membangkitkan wisata yang ada di Tanggamus, mungkin dari Sumatera Selatan dari Bengkulu atau dari Pulau Jawa bisa lebih mudah mengakses wisata di Tanggamus terutama Teluk Kiluan dan Gigi Hiu, ini luar biasa ini potensi nya, harus didukung terhadap upaya peningkatan pariwisata dan juga peningkatan ekonomi di Tanggamus,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Kelumbayan Derius Putrawan menyatakan dukungannya terhadap pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten dalam melaksanakan pembangunan di kecamatan kelumbayan. 

“kami dari masyarakat sangat mendukung, sangat berterimakasih kepada pemerintah, baik pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat atas program yang dialokasikan ke kecamatan kelumbayan, dan selanjutnya siap mendukung dalam pelaksanaan program provinsi ini, termasuk dalam hal misalnya pemeliharaan jalan agar berfungsi dengan baik,” pungkasnya. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).