PesawaranTNITrending

Program Laut Bersih, Brigif Marinir Lampung Bersihkan 5 Ton Sampah di Pantai Wilayah Pesawaran

201
×

Program Laut Bersih, Brigif Marinir Lampung Bersihkan 5 Ton Sampah di Pantai Wilayah Pesawaran

Sebarkan artikel ini

Djurnalis.com | Pesawaran – Korps Marinir TNI Angkatan Laut melalui Brigif 4 Marinir/BS Lampung melaksanakan Karya Bakti Serbuan Program Laut Bersih (Prolasih) TNI Angkatan Laut Tahun Anggaran 2022 yang dipimpin langsung oleh Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Danlanal Lampung, Letkol Laut (P) Zulfahmi bertempat di Dermaga IV Ketapang Desa Ketapang Teluk Pandan, Pesawaran – Lampung, pada Kamis (1/9/2022).

Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Harry Indarto mengatakan penyelenggaraan Program Laut Bersih TA 2022 TNI Angkatan Laut diharapkan dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan karakter kecintaan tanah air.

“Khususnya di wilayah pesisir melalui program-program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim,” ujar Danbrigif.

Seluruh Prajurit Brigif 4 Marinir/BS, elemen Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Instansi terkait, serta ratusan Warga sekitar wilayah Ketapang turun ke pantai untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Dengan tema “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat Laut Bersih Rakyat Sejahtera“, Prolasih merupakan salah satu rangkaian kegiatan menjelang HUT 77 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2022, salah satunya yakni dengan membersihkan sampah disekitaran bibir pantai dengan panjang pantai kurang lebih 1.500 meter untuk wilayah pesawaran Lampung.

Kegiatan Prolasih ini merupakan upaya TNI AL dalam mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan wilayah pertahanan laut dan pendukungnya secara dini sesuai Undang- undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas TNI Angkatan Laut, pasal 9 point e. yaitu “Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut “

Acara tersebut juga diikuti oleh 77 Titik Satuan Komando Wlayah (Satkowil) dan non Satkowil TNI AL diseluruh Indonesia Yang terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang di Pimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Dalam sambutannya secara online, Kasal menyampaikan bahwa kekayaan alam yang kita miliki sangat beragam dan berlimpah laut dan perairan menyediakan sumber kesejahteraan bagi semua.

“Hal yang sangat membanggakan pemerintah Indonesia telah menetapkan visi maritim sebagai cita – cita kita bersama. Samudera, Laut, Selat dan Teluk adalah masa depan, ini saatnya kita mengembalikan semuanya sehingga jalesveva Jayamahe Justru di Laut Kita Jaya,” tegas Kasal.

Dalam sesi yang sama, Menko Marves Luhut juga ikut menyampaikan pesan “bahwa kita harus menjaga kebersihan laut kita demi menjaga kesehatan dan kedaulatan kita di laut,” jelasnya.

Kegiatan pengambilan sampah – sampah di sepanjang bibir pantai, bahkan Tim Marinir menyiapkan regu penyelam oleh prajurit Brigif 4 Marinir/BS untuk mengambil sampah yang berada di dasar laut, total sampah yang terkumpul diperkirakan 5 Ton.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Pemda Pesawaran M. Syukur, dan rombongan Dinas Kabupaten Pesawaran, perwakilan Koramil 0421-05 Padang Cermin, Polsek Padang Cermin, perwakilan dari Kepala KSOP Panjang, perwakilan dari Bea Cukai, Camat Teluk Pandan Edy Sutrisno serta beberapa elemen masyarakat lainnya.

Korps Marinir TNI AL menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Pesawaran, instansi terkait, Kepala Dusun, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, tokoh agama serta masyarakat yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Prolasih TNI AL hingga selesai tepat waktu dan berjalan dengan baik. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *