Bandar LampungNewsPemkot Bandarlampung

Walikota Bandar Lampung Resmikan Kantor Baru Dinas Damkar

45
×

Walikota Bandar Lampung Resmikan Kantor Baru Dinas Damkar

Sebarkan artikel ini
Walikota Bandar Lampung Resmikan Kantor Baru Dinas Damkar

BANDAR LAMPUNG, Djurnalis.com -– Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana meresmikan kantor baru Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Bandarlampung di Jalan Kapten Piere Tendean, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung, Jumat siang (19/1/2024).

Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, berjanji akan memenuhi sejumlah fasilitas penunjang keselamatan petugas pada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam melaksanakan tugas.

Adapun sejumlah penunjang Damkar yang dibutuhkan, kata wali kota perempuan pertama di kota berjuluk Tapis Berseri ini, yakni pengadaan mobil pemadam kebakaran dan pengadaan baju tahan api.

“Untuk mobil Damkar, kami sudah ajukan ke pemerintah pusat. Sedangkan baju tahan api dari kepala hingga kaki akan dibeli 5-15 baju yang masing-masing nilainya Rp200 juta,” kata Bunda Eva, sapaan akrabnya.

Selain itu, juga akan menambah biaya operasional petugas dari Rp750 ribu ke Rp1 juga, serta mendaftarkan petugas Damkar melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Para petugas Damkar saya nilai bekerjanya sudah baik, saya ingin ke depan jauh lebih baik lagi dari yang kemarin, terlebih gedungnya juga sudah baru,” pintanya.

Selain Gedung Damkar, ia membeberkan bahwa Pemkot Bandar Lampung juga akan meresmikan gedung lainnya, seperti Dinas Pariwisata, Dinas Sosial, dan Dinas Pertanian. “Saat ini masih berproses,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung Anthoni Irawan mengatakan kantor pemadam kebakaran yang sebelumnya kurang representatif. “Alhamdulillah akhirnya gedung baru diresmikan oleh Wali Kota,” ucapnya.

Menurutnya, pembangunan gedung baru Dinas Damkar tersebut sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri No.114/2018 tentang Pelayanan Dasar Teknis pada Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota.

Lebih lanjut Anthoni berharap tahun ini mendapatkan fasilitas seperti yang direncanakan Wali Kota Eva buat peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Pos personel dari 14 pos akan ditambah menjadi 16 pos di setiap kecamatan, mudah-mudahan bisa 20 pos,” pungkasnya.

Diketahui, pada peresmian gedung Damkar ada hal yang menarik perhatian yakni adanya tiang luncuran baru yang mampu membuat petugas lebih cepat turun ketika mendapatkan laporan kebakaran. (rn)