NewsPemprov

Dinsos Lampung Serahkan Bantuan Sembako dan Buffer Stock Untuk Korban Banjir di Bandarlampung dan Lampung Selatan

95
×

Dinsos Lampung Serahkan Bantuan Sembako dan Buffer Stock Untuk Korban Banjir di Bandarlampung dan Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini
Dinsos Lampung Serahkan Bantuan Sembako dan Buffer Stock Untuk Korban Banjir di Bandarlampung dan Lampung Selatan

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kepada korban banjir di Bandarlampung, dan Lampung Selatan, Senin (26/2/2024).

Bantuan berupa sembako dan buffer Stok dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi itu diserahkan oleh 
Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si, kepada warga yang terdampak banjir di dua wilayah tersebut.

Adapun titik lokasi di Bandarlampung yakni untuk keluarga Pak Suhendi, beralamat jalan Mangga, Kelurahan Pasir Gintung, dan juga Junaidi, warga Jalan Samratulangi Gang Bungsu 8, Kelurahan Penengahan. Rumah warga tersebut rusak akibat hujan deras beberapa hari lalu.

Kemudian bantuan juga diberikan untuk warga Lampung Selatan, tepatnya di Desa Hajimena, Kecamatan Natar, yang diserahkan kepada Kepala Desa setempat, untuk kemudian dibagikan kepada warga yang dirasa benar-benar membutuhkan bantuan akibat dilanda bencana alam tersebut.

Selanjutnya di Kelurahan Batara Nila, juga diberikan kepada korban banjir yang terdampak cukup parah, bahkan ada beberapa rumah yang tembok dapurnya jebol akibat terjangan air sungai yang meluap.

Suhendi, Salah satu penerima bantuan menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, terhadap warganya yang tengah tertimpa musibah.

“Terima kasih pak gubernur atas bantuannya, terima kasih banyak yang sebesar-besarnya, semoga pak gubernur sukses,” ucapnya seraya tersenyum.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Drs. Aswarodi M.Si saat ditemui di lokasi penyerahan bantuan mengatakan, pada hari ini ditugaskan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi untuk langsung menyapa warga terdampak, terutama yang terganggu kebutuhan dasarnya.

“Kami membawa paket sembako, buffer Stock, dan pakaian layak pakai. sudah tentu barang yang kami bawah ini kalau menghitung jumlah rumah yang terdampak pasti tidak cukup, maka itu untuk bantuan disini (Hajimena) kami serahkan kepada pak Kades untuk memilah dan memilih terutama masyarakat miskinlah yang terdampak bencana banjir ini,” ujar Kadis.

Kadis menambahkan, bantuan yang diberikan diharapkan cukup untuk satu minggu ke depan, bagi warga yang tertimpa musibah banjir, memenuhi kebutuhan dasar makan minum dan sebagainya, agar bisa tetap berjalan dengan baik.

Untuk bantuan yang diberikan di satu titik sebanyak 25 paket sembako yang terdiri dari 5 kilogram beras premium, lalu Indomie, susu, gula, dan sebagainya, yang dirasa satu minggu cukup untuk bertahan menghadapi dampak banjir.

Lalu diserahkan juga bantuan sebanyak 160 pakaian layak pakai, dan buffer stock meliputi kasur, selimut, makanan siap saji, makanan anak, alat-alat masak, dan sebagainya. 

“Poinnya tiga hal tadi, makanan, sandang dan papan. Intinya memastikan kasur yang mungkin kena banjir kita bawa kasur, ada selimutnya bisa untuk sementara dipergunakan oleh masyarakat yang terdampak,” jelasnya.

Kadis juga mengatakan, untuk Kesiapsiagaan terjadinya bencana alam, Dinas Sosial Provinsi Lampung telah mendistribusikan Buffer Stock ke Dinas Sosial Kabupaten Kota.

“Untuk Buffer stock sudah di distribusikan ke gudang-gudang logistik dinas sosial kabupaten kota, diharapkan kepala dinas sosial berkolaborasi dengan BPBD, manakala terjadi banjir segera dapat mendistribusikannya,” tutup kadis.

Sumber : _Dinas Sosial Provinsi Lampung_
(*).