NewsPemprov

Peringatan HUT Rilis.id Ke-6, Gubernur Lampung Ajak Seluruh Masyarakat dan Media Ciptakan Pemilu Damai

33
×

Peringatan HUT Rilis.id Ke-6, Gubernur Lampung Ajak Seluruh Masyarakat dan Media Ciptakan Pemilu Damai

Sebarkan artikel ini
Peringatan HUT Rilis.id Ke-6, Gubernur Lampung Ajak Seluruh Masyarakat dan Media Ciptakan Pemilu Damai

Bandar Lampung — Gubernur Lampung diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RILIS.ID Ke-6 dengan Tema “Wujudkan Pemilu Damai” di Ballroom Hotel Emersia, Jum'at (2/2/2024).

Pemerintah Provinsi Lampung memiliki kekuatan tekad yang sangat besar untuk menjaga dan menjamin stabilitas keamanan dan stabilitas politik menjelang dan selama pelaksanaan Pemilu serentak 2024 mendatang dengan terus menjalin sinergi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder Pemilu 2024 dan seluruh elemen masyarakat salah satunya insan media.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. 

“Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia,” ungkap Gubernur.

Salah satu indikator utama keberhasilan pelaksanaan pemilu adalah tingkat partisipasi pemilih. Pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2019 jumlah partisipasi pemilih di Provinsi Lampung sebesar 81 persen, dimana angka ini lebih tinggi dari target dalam RPJMN 2015-2019 yang sebesar 75 persen. 

Gubernur berharap agar kesuksesan pencapaian target partisipasi pemilih dapat terulang atau lebih tinggi pada pelaksanaan pemilu Tahun 2024, dimana target tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pilkada tahun 2024 dalam RPJMN 2020-2024 sebesar 79,596. 

Selanjutnya Gubernur mengatakan bahwa Indikator berikutnya dalam mengukur sukses Pemilu adalah situasi tertib dan tentram dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024. 

Peserta Pemilu diberikan kesempatan untuk berkampanye, beradu visi, misi, program dan komitmen kepada rakyat hingga awal Februari 2024 nanti. Masyarakat berkesempatan mengenali para kontestan pemilu.

“Media berperan untuk memberikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat, baik terkait pemilu serentak maupun integritas atau rekam jejak setiap peserta pemilu,” ucapnya.

Sebagai pilar keempat demokrasi, media berperan dalam mengawasi dan mengevaluasi jalannya pesta demokrasi. Media juga berperan menyebarkan pemahaman yang besar soal demokrasi. 

“Oleh karena itu, media perlu menyampaikan berita-berita yang mencerahkan untuk menjaga ruang publik agar tetap sehat melalui informasi yang benar dan tepercaya,” ungkapnya.

Berita yang faktual dan berimbang kepada masyarakat adalah gawang yang harus dijaga oleh para awak media. 

“Tanpa adanya media yang menyajikan informasi yang berkualitas, berimbang, dan akurat, maka publik berpotensi tidak mampu mengambil keputusan yang tepat,” tegasnya.

Dalam konteks Pemilu 2024, merujuk buku Panduan Peliputan Pemilu 2024 bagi Jurnalis, sedikitnya ada empat peran media dalam Pemilu. 

Pertama, mengedukasi publik. Media berkewajiban memberikan informasi yang benar dan diperlukan untuk mengevaluasi perilaku pejabat serta proses pemilu secara luas. 

Kedua, menjadi sarana kampanye yang adil. Media harus memberitakannya secara seimbang dan adil karena peran kunci dari media dalam kampanye adalah pelaporan yang berimbang, memastikan bahwa setiap kandidat menerima liputan yang adil. 

Ketiga, menyediakan forum diskusi, Media bisa berperan menyediakan forum terbuka untuk debat dan diskusi dari para kontestan, sehingga pemilih dapat mengetahui kapasitas dari setiap kandidat atau partai yang hendak dipilihnya. 

Keempat, mengawasi pemilu. Media berperan sebagai pengawas dengan menjaga transparansi proses demokrasi, pemilih diberikan informasi yang diperlukan dan komprehensif. Media harus berani menyampaikan fakta-fakta para kontestan dari sisi terang atau mungkin gelap. 

Dengan demikian, peran media bisa mendorong terpilihnya pemimpin yang berkualitas dan mumpuni untuk memimpin pemerintahan selama lima tahun ke depan. 

Momentum Peringatan HUT RILIS. ID yang ke 6 hari ini, hendaknya dipandang sebagai salah satu bentuk kontribusi nyata seluruh stakeholder Pemilu dalam mendukung terwujudnya Pemilu Tahun 2024 yang aman dan damai. 

“Karena itu, penyelenggaraan kegiatan ini harus benar-benar mampu memaintenance kontribusi dan komitmen, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan demokrasi bangsa melalui karya nyata,” pungkasnya.

Dalam rangkaian peringatan HUT RILIS.ID ini dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal yang sekaligus mewakili Pemerintah Provinsi Lampung menyerahkan bantuan sosial kepada anak-anak yatim piatu didampingi oleh Pimpinan RILIS.ID Wirahadikusumah. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda provinsi Lampung, Bupati/Walikota se  provinsi Lampung, Ketua KPU Provinsi Lampung, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, dan perwakilan organisasi -organisasi wartawan se provinsi Lampung. (Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung).