NewsPemprov

Hari Jadi Ke-60 Provinsi Lampung, Momentum Sinergi Seluruh Elemen Dalam Membangun Daerah Menuju Lampung Berjaya

33
×

Hari Jadi Ke-60 Provinsi Lampung, Momentum Sinergi Seluruh Elemen Dalam Membangun Daerah Menuju Lampung Berjaya

Sebarkan artikel ini
Hari Jadi Ke-60 Provinsi Lampung, Momentum Sinergi Seluruh Elemen Dalam Membangun Daerah Menuju Lampung Berjaya

Bandar Lampung — Gubernur Arinal Djunaidi menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi Ke-60 Provinsi Lampung Tahun 2024, di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur, Selasa (19/3/2024). 

Tema Hari Jadi tahun 2024 adalah “Harmoni Dalam Kolaborasi Untuk Lampung Berjaya”. Sejalan dengan tema tersebut, Gubernur selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya berharap agar kedepan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi, hidup berdampingan dengan rukun dan damai. 

“Sehingga kita dapat bersama-sama terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat, menuju Lampung maju dan berjaya,” kata Gubernur. 

Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Forkopimda, karena telah terbangunnya hubungan harmonis di Provinsi Lampung. Hal ini terbukti dari :

1. Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung Pada Tahun 2023 meraih angka kinerja 73,3 yang mengindikasikan kondisi kerukunan umat beragama saat ini dalam kondisi yang baik dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

2. Nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 78.32 yang menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung.

3. Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Tahun 2023 Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian nasional dengan angka 55,71 dimana capaian nasional adalah sebesar 55,13. Hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

Usia ke-60 memiliki makna yang penting karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya. Di usia ini Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dalam hal infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Menurut Gubernur, Hari Jadi ke-60 dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi pencapaian dan tantangan yang dihadapi selama ini, serta merumuskan rencana strategis untuk mengatasi masalah dan mempercepat pembangunan di masa yang akan datang.

Peringatan Hari Jadi ke-60, kata Gubernur, juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan identitas masyarakat Lampung, serta membangkitkan semangat kebanggaan dan cinta akan tanah kelahiran. Acara perayaan dapat menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan aktivitas pariwisata dan promosi budaya lokal serta promosi UMKM Produk Unggulan Lampung.

Selanjutnya, Gubernur beserta seluruh masyarakat mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada para pahlawan dan pendahulu yang berjasa dalam mempertahankan tanah Lampung, pembentukan Provinsi Lampung, dan membangun bumi Lampung yang telah tulus dan ikhlas memberi sumbangsih dan berperan untuk Kemajuan daerah.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Saya mengucapkan selamat atas Peringatan Hari Jadi ke-60 kepada seluruh masyarakat Lampung. Dirgahayu Provinsi Lampung,” pungkas Gubernur. 

Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-60 Provinsi Lampung diawali dengan pembacaan sejarah berdiri dan terbentuknya Provinsi Lampung. Dalam upacara, juga dilakukan penyerahan anugerah tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya oleh Gubernur Lampung kepada enam pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10, 20 dan 30 tahun. (*).